BUKU JURNALISME KEBERAGAMAN

KEGIATAN MI KOMUNITAS - BAKOHUMAS

Kehumasan perlu Koordinasi dan Sinergitas

Metrotvnews.com, Pontianak: Fungsi kehumasan pemerintah belum berjalan optimal. Mereka masih terjebak pada egosektoral dan miskoordinasi. Kondisi ini terlihat dari distribusi informasi yang dikelola setiap instansi.
"Munculnya arogansi bahkan (bersifat) personal. Oleh karena itu, mengelola kehumasan tidak gampang. Koordinasinya sulit," kata Freddy H Tulung, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik saat membuka Pertemuan Bakohumas Regional Indonesia Tengah, Pontianak, Senin (2/4).
Ia mengilustrasikan penyebaran atau distribusi informasi oleh media massa. Setiap ada kejadian atau informasi penting, semua media massa serempak memberitakannya sehingga terjadi distribusi informasi secara masif.

"Kalau di kehumasan, mereka hanya menginformasikan yang terkait instansi mereka saja. Tidak peduli informasi-informasi lain," ujarnya.

Padahal, lanjutnya, sumber daya manusia di bidang kehumasan pemerintahan di Indonesia cukup besar. Sebab, mereka ada di 785 instansi pemerintah seluruh Indonesia. Termasuk BUMN dan BUMD.

"Sumber daya cukup melimpah, informasinya juga. Tapi masalah bukan itu melainkan sinergisitas dan koordinasinya," tegas Freddy, yang juga Ketua Badan Koordinasi Humas Pemerintah (Bakohumas) tersebut

Pertemuan Bakohumas ini masih berlangsung hari ini, yang diisi dengan acara diskusi panel dan pelatihan jurnalistik yang disampaikan awak Media Indonesia. (Aries Munandar)

Editor: Victor Nababan


http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/02/3/143203/Kehumasan-Perlu-Koordinasi-dan-Sinergitas





Share this article :

Jadwal Training/Pelatihan lainnya