IKUTI LOMBA FOTO "GURU BAGIMU NEGERI" SEGERA DAFTAR, GRATIS.

LIPUTAN KEGIATAN MI KOMUNITAS DENGAN BAKOHUMAS

Kemenkominfo-Media Indonesia Gelar Pelatihan Bakohumas

Metrotvnews.com, Solo: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Media Indonesia menggelar kegiatan bimbingan teknis Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) di Solo, Jawa Tengah. Pelatihan diharapkan membawa kehumasan pemerintah siap menghadapi tantangan profesionalisme.

Pelatihan diikuti 60 peserta dari kantor atau instansi kehumasan di lingkungan pemerintahan di seluruh Indonesia. Menjadi pembicara dalam pelatihan adalah Kepala Pemberitaan Media Indonesia Abdul Kohar dan Deputi Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong. Keduanya memberi pelatihan teknik penulisan analisis konten media dan manajemen media online.

Sekretaris Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Ismail Cawidu mengatakan, dalam menyediakan informasi kepada publik, kehumasan pemerintah harus punya kreativitas mengolah data dan informasi. Dia mengakui, profesionalisme kehumasan pemerintah masih tertinggal beberapa langkah dari kehumasan swasta.

Editor: Ichoel

Video

http://www.metrotvnews.com/metronews/video/2013/03/21/6/173676/Kemenkominfo-Media-Indonesia-Gelar-Pelatihan-Bakohumas


Humas-Pemerintah-Harus-Imbangi-Humas-Swasta

 

Metrotvnews.com, Solo: Kehumasan di lingkungan pemerintahan diharapkan mampu menandingi profesionalisme kehumasan swasta. Apalagi di era digital, komunikasi publik juga menjadi tantangan tersendiri bagi humas-humas pemerintah.

"Seharusnya tidak ada dikotomi antara humas pemerintah dan humas swasta. Humas ya humas. Peran dan fungsinya sama. Ini yang harus kita bangun bersama," kata Sekretaris Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Ismail Cawidu di acara Bimbingan Teknis Bakohumas yang diselenggarakan Kemenkominfo dan Media Indonesia di Solo, Jawa Tengah, Selasa (19/3).

Ismail menjelaskan tantangan humas pemerintah ke depan juga semakin tidak mudah mengingat keterbukaan informasi publik yang disertai pesatnya digital media membuat arus informasi di masyarakat kian tidak terbendung.

"Tantangannya tidak mudah. Humas berfungsi menyediakan dan melayani publik, membagi kepercayaan publik terdapat institusinya," tegasnya.

Dalam menyediakan informasi kepada publik, menurut Ismail, humas pemerintah harus memiliki kreativitas mengolah data dan informasi agar menarik perhatian dan menjadi acuan bagi publik.

Sedangkan dalam fungsi melayani, lanjutnya, humas harus siap pelayan instansi terkait setiap saat, mampu memanfaatkan teknologi informasi. "Jangan sampai, pimpinan sebuah instansi tidak mengenal humasnya, atau si humas tidak bisa melakukan korespondensi elektronik, baik melalui email maupun social media lainnya," tandas Ismail

Terkait dengan upaya meningkatkan kemampuan kehumasan di lingkungan pemerintahan, Kemenkominfo bersama Media Indonesia menyelenggarakan bimbingan teknis Bakohumas se Indonesia yang digelar di Hotel Horison, Solo, Selasa-Rabu (20/3). Bimbingan teknis ini diikuti humas-humas pemerintahan daerah, kementerian dan lembaga tinggi lainnya. (Ferdinand)

Editor: Victor Nababan

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/19/3/139625/Humas-Pemerintah-Harus-Imbangi-Humas-Swasta
Share this article :

DAPATKAN SEGERA BUKU JURNALISME KEBERAGAMAN

Jadwal Training/Pelatihan lainnya