BUKU JURNALISME KEBERAGAMAN

BERSATU MEMBANGUN BANGSA

Pertemuan Jokowi dan Prabowo langsung mendongkrak nilai tukar rupiah dan indeks harga saham gabungan.

PRESIDEN terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto kebanjiran apresiasi. Kesedia an keduanya untuk merajut silaturahim yang sempat terkoyak oleh rivalitas di pilpres itu dinilai sangat positif bagi terciptanya kembali persatuan sebagai syarat utama membangun bangsa.

Dengan kerendahan hati, Jokowi berinisiatif menemui Prabowo dan dengan kebesaran jiwa, Prabowo menyambutnya. Pertemuan pun terjadi di kediaman Prabowo, Jl Kertanegara No 4, Kebayoran Baru, Jaksel, kemarin.

Itulah pertemuan pertama sejak Jokowi dan Prabowo bersaing sengit dalam pilpres 9 Juli lalu. Dalam pertemuan itu pula Prabowo untuk kali pertama mengucapkan selamat kepada Jokowi yang bakal dilantik sebagai presiden, Senin (20/10), sekaligus berjanji untuk mendukung pemerintahan mendatang.

Guru bangsa Syafii Maarif menilai pertemuan Jokowi dan Prabowo amat menyejukkan di tengah panasnya situasi politik akhir-akhir ini. “Saya senang karena pemimpin bisa membuka hati.Pak Prabowo sudah mengu capkan selamat (kepada Jokowi),“ ucapnya di Yogyakarta, kemarin.

Ia mengingatkan tantangan bangsa sangat berat sehingga persatuan dari seluruh elemen menjadi keniscayaan.“Pertemuan ini sangat bagus agar semuanya baik, terjaga, dan kondusif.“

Apresiasi juga diberikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.“Saya mengucapkan selamat atas pertemuan itu. Ini ialah manifestasi dari kenegarawanan bangsa ini,“ ujarnya seusai acara silaturahim tokoh nasional di Jakarta.

Ia yakin rekonsiliasi di tataran elite akan mendorong rekonsiliasi di akar rumput. Din berharap, Jokowi melanjutkan silaturahim dengan elite lain yang berseberangan dengannya, termasuk Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais.

Harapan senada dilontarkan Ketua MPR Zulkif li Hasan. Jokowi sendiri menyatakan akan terus melakukan safari dengan menemui tokoh-tokoh politik. Sikap nyata Budayawan Franz Magnis Suseno berpandangan pertemuan di Kertanegara, kemarin, sangat bagus bagi bangsa. “Namun, rekonsiliasi harus ditunjukkan dengan sikap nyata. Yang saya baca, Prabowo dalam pertemuan itu mengatakan akan mendukung Jokowi selama programnya prorakyat. Saya kira itu pernyataan yang positif dan tentu harus dilaksanakan,“ tandas Romo Magnis.

Bukti bahwa pertemuan Jokowi dan Prabowo berdampak positif langsung terlihat dengan menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di level 12.090, atau naik 170 poin. Begitu pula indeks harga saham gabungan ditutup pada 5.028,946, atau naik 77,332 poin (1,562%).

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofjan Wanandi, pertemuan Jokowi dan Prabowo bisa menjadi awal terciptanya iklim usaha yang kondusif. “Langkah awal rekonsiliasi untuk membangun bangsa sudah dilakukan. Ini menunjukkan kita masih bisa bersatu.“

Pertemuan Jokowi dan Prabowo berlangsung selama 20 menit dalam suasana cair. Saat memberikan keterangan pers, keduanya saling melempar canda.Ketika Jokowi mengaku telah mengucapkan selamat ulang tahun kepada Prabowo, misalnya, Prabowo langsung menyela. “Jangan sebut usianya berapa, ya,“ ujarnya sambil tertawa bersama Jokowi.

Prabowo yang kemarin berumur 63 tahun memuji Jokowi sebagai patriot yang memiliki kesamaan visi dengannya, yakni ingin mempertahankan NKRI, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika. Ia pun akan berusaha untuk menghadiri pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla.(AI/Wib/Ind/Pol/X-9) ardi@mediaindonesia.com 

MI/18 Oktober 2014/Halaman 1
Share this article :

Jadwal Training/Pelatihan lainnya