MEDIA INDONESIA PUBLISHING SERVICE

DIBUTUHKAN, REGULASI BIAYA PUBLIKASI


GUBERNUR Jawa Barat Ahmad Heryawan mengusulkan adanya regulasi dari pemerintah pusat tentang biaya publikasi.

“Saya mengusulkan agar dibuat regulasi, dengan dunia usaha bisa mengalokasikan 20% anggaran publikasi untuk media sehingga TV lokal pun bisa hidup,“ ungkap Heryawan dalam acara pertemuan Badan Koordinasi Humas Tahunan Tingkat Nasional di Hotel Harris Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Ia menyebutkan hal tersebut sangatlah penting. Selama ini publikasi yang dilakukan pemerintah daerah cenderung dilakukan di televisi nasional.Publikasi di televisi lokal belum optimal. Hal itu pun membuat publikasi untuk membangun potensi-potensi daerah menjadi kurang tergali. “Ini penting sehingga nantinya media lokal dan televisi lokal pun bisa lebih eksis,“ katanya.

Terkait dengan kehumasan, Heryawan mengatakan lembaga humas merupakan wajah atau bagian terdepan dari setiap lembaga, baik itu instansi pemerintah maupun swasta. Peran humas pun menjadi hal yang sangat penting. Namun, lanjutnya, selama ini pengelolaannya belum optimal sehingga informasi yang seharusnya disampaikan kepada masyarakat akhirnya tidak tersampaikan dengan maksimal.

“Khususnya humas di lembaga pemerintah. Itu masih kalah bersaing dengan humas di swasta atau perusahaan yang berorientasi bisnis kare na di swasta itu terkait de ngan anggaran promosi yang memang cukup besar,“ katanya.

Meski demikian, publikasi dan promosi di lembaga pemerintahan pun tidak kalah pentingnya. Hanya, hal itu selama ini belum ditunjang anggaran yang memadai. “Oleh karena itulah, kita harapkan anggaran kehumasan pun bisa lebih memadai lagi karena hal tersebut terkait dengan publikasi dan sosialisasi pembangunan ke masyarakat,“ katanya.

Menurutnya, anggaran yang sangat memadai sangatlah penting ada di lembaga pemerintahan. Dengan demikian, informasi pun bisa tersampaikan dengan baik.

Tidak hanya itu, peran kehumasan pun perlu lebih ditingkatkan lagi, terutama dari sisi SDM-nya, sehingga informasi yang disampaikan pun bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. (SB/EM/N-1)

MI/26 Nov 2014/Halaman 10
Share this article :

BUKU JURNALISME KEBERAGAMAN

Jadwal Training/Pelatihan lainnya




 
Created by : MI Komunitas
Copyright © 2012. MI Komunitas
Hak Paten : MI Komunitas