MEDIA INDONESIA PUBLISHING SERVICE

PENGUMUMAN LOMBA FOTO MICROSITE - DBL

Perempuan diciptakan dari tulang rusuk pria. Layaknya tulang rusuk, selain halus sesungguhnya perempuan juga keras dan kuat.

Perempuan ialah sosok individu yang mampu melindungi dan menjaga. Sebagaimana sifat tulang yang keras, perempuan umumnya lebih gigih untuk bertahan hidup ketimbang laki-laki, terutama jika menyangkut kelangsungan hidup orang-orang tercintanya.

“Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terusmenerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita, lahir pagi membawa keindahan Kehidupan manusia serupa alam.” Kutipan tersebut berasal dari pejuang emansipasi wanita RA Kartini.


Dalam memperingati Hari Kartini tahun ini, Media Indonesia menyelenggarakan kompetisi foto bertajuk Perempuan Tangguh. Dewan juri yang beranggotakan para editor foto Media Indonesia memilih tiga dari ratusan foto yang dikirimkan ke redaksi.

Keluar sebagai salah satu foto terbaik, foto seorang perempuan yang membawa anaknya menyeberangi Sungai Blukar di Dusun Cipluk, Kendal, Jawa Tengah. 

Foto yang diabadikan oleh Aditya Pradana Putra pada akhir Februari lalu itu menggambarkan cinta dan ketangguhan seorang perempuan. Ia mengantarkan dua anaknya berangkat sekolah dengan menyeberangi sungai karena jembatan yang ada roboh diterjang banjir sejak dua tahun lalu. Runtuhnya jembatan itu juga telah membuat mereka terisolasi pada musim hujan karena tingginya air.

Ada pula karya Arif Gunawan AM, yang memotret Sofwan Rusidah, perempuan yang meski tak dikaruniai kedua tangan, justru memilih menekuni fotografi sebagai profesinya. Foto yang diambil Arif menggambarkan tekad, kebahagian, dan semangat Sofwan menjalani kehidupan.


Potret terbaik lainnya diraih foto perempuan yang menembus hujan dengan membawa karung. Foto itu diabadikan oleh Yuli Kusworo.

Perempuan-perempuan tangguh yang diabadikan oleh para pemenang adalah wujud kefemininan yang perkasa, tidak menyerah kepada nasib. Mereka menjalani kerasnya kehidupan dengan optimistis.     

Sumaryanto Bronto/M-1
https://www.facebook.com/daribaliklensa
www.mediaindonesia.com/daribaliklensa
Share this article :

BUKU JURNALISME KEBERAGAMAN

Jadwal Training/Pelatihan lainnya




 
Created by : MI Komunitas
Copyright © 2012. MI Komunitas
Hak Paten : MI Komunitas