MEDIA INDONESIA PUBLISHING SERVICE

WORKSHOP KONTEN INFORMASI DIGITAL DI MAKASSAR


Ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Makassar, Sulawesi Selatan, memperoleh pengetahuan tentang teknik membuat infografis, teknik foto dan video untuk blog, search engine optimization, pembuatan blog, dan manajemen blog. Pengetahuan tersebut mereka dapatkan dalam workshop yang digelar dalam kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Media Indonesia.

Workshop Konten Informasi Digital (Kidi) 2017 seri 2 itu digelar di kampus 2 Universitas Fajar (Unifa), Makassar, kemarin.

Direktur Pengolahan dan Penyedia Informasi Kemenkominfo Siti Meiningsih mengatakan acara tersebut bertujuan untuk mencetak pengkreasi konten grafi s yang positif.

Dalam kegiatan tersebut, hadir sebagai pembicara Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Septriana Tangkary, Redaktur Media Indonesia Budi Setyo Widodo, fotografer Media Indonesia Panca Syurkani, Manajer Riset dan Sosial Media Media Indonesia Andreas M Zay, dan Kepala Satgas Monitoring dan Evaluasi LPBD-KUKM Makassar Saefudin Zuhri.

Budi dalam kesempatan itu berbagi pengalaman bagaimana membuat infografis lebih menarik. “Pertama tentukan tema. Kemudian, tentukan di media mana kita akan memposting info grafis tersebut, pemilihan warna. Termasuk bagaimana cara menggali ide, mencari kata kunci, referensi dan menggali tren visual,” kata dia.

Sementara itu, Septriana mengatakan workshop yang akan berakhir dengan lomba tersebut bertujuan memberi kemudahan teknologi dan kreativitas agar mampu mendorong terciptanya konten positif di kalangan anak muda, khususnya mahasiswa.

“Saat ini, jika kita membuka internet, dari 10 konten yang kita buka, enam di antaranya adalah konten negatif. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini memang sangat perlu dido rong, agar konten positif menjadi utama,” kata dia.

Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan kompetisi konten. Peserta workshop dari sembilan kota tempat di gelarnya Kidi 2017 akan mengikuti kompetisi tersebut. “Target kita 2.500 peserta dari 70 kampus. Untuk melahirkan konten positif memang harus simultan,” lanjut Septriana. (LN/H-2)

MEDIAINDONESIA.COM
Share this article :

BUKU JURNALISME KEBERAGAMAN

Jadwal Training/Pelatihan lainnya