MEDIA INDONESIA PUBLISHING SERVICE

KIDI DORONG KONTEN DIGITAL POSITIF


Ratusan mahasiswa Universitas Mataram (Unram) mengikuti workshop Konten Informasi Digital (Kidi) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Media Indonesia di Arena Budaya Unram, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), kemarin. Kegiatan itu mendorong mereka untuk membuat dan mengunggah konten-konten positif di media sosial.

“Kita ingin dorong kontenkonten positif muncul. Selama ini konten negatif cukup marak dan cenderung ke arah pornografi ,” kata Dimas Aditya Nugraha, Kepala Subdirektorat Pengolahan Informasi, Direktorat Perngolahan dan Penyediaan Informasi Kemenkominfo.

Dimas Menjelaskan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat cepat. Hal itu perlu diimbangi dengan kontenkonten positif. Terlebih, pada 2019 nanti ditargetkan, internet sudah masuk ke seluruh kabupaten/kota. “Nah, ayo kita isi atau kita manfaatkan dengan baik,” ajak Dimas.

Atas pertimbangan itu pula, lanjutnya, workshop tersebut menyasar mahasiswa sebagai generasi yang sehari-hari menggunakan smartphone.

Workshop itu mengambil tema pariwisata, sesuai dengan destinasi wisata halal Lombok, NTB. Pada kegiatan itu para mahasiswa belajar tentang infografis, videografis, dan blog yang kemudian disimulasikan. Hasil karya mereka akan dilombakan secara nasional. Pemenangnya akan tampil pada gelaran Ideafest Oktober mendatang di Jakarta.

Workshop KIDI tidak hanya dilakukan di Mataram. Tahun ini, kegiatan itu menurut rencana digelar di sembilan kota dengan target 2.500 peserta dari 70 kampus. Workshop Kidi di Mataram merupakan seri ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan di Manado dan Makassar untuk wilayah Indonesia Timur.

Seri berikutnya akan diselenggarakan di wilayah Indonesia Tengah yakni di Bali, Banjarmasin, dan Malang. Sesudahnya, akan digelar di wilayah Barat, yakni di Jakarta, Semarang, dan Padang. (YR/H-3) MI
Share this article :

BUKU JURNALISME KEBERAGAMAN

Jadwal Training/Pelatihan lainnya