MEDIA INDONESIA PUBLISHING SERVICE

MAHASISWA MALANG ANTUSIAS IKUTI KIDI


Ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi antusias mengikuti workshop konten informasi digital (Kidi) yang digelar di Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Kota Malang, Jawa Timur, kemarin.

Workshop Kidi seri 5 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Media Indonesia itu mengusung semangat bahwa membuat konten positif ialah hal mudah sekaligus menghasilkan uang.

Karena itu, ratusan mahasiswa bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Mereka serius membuat vlog, blog, grafi k, foto, video dengan memanfaatkan smartphone.

Bahkan, peserta juga diberikan materi untuk menghasilkan karya tulis dan foto hingga simulasi dalam mendapatkan karya terbaik. Setelah workshop, mahasiswa bisa mengikuti lomba karya terbaik Kidi. Syaratnya, karya terbaik itu sudah dipublikasikan di media sosial ataupun blog mereka.

Penilaian oleh tim juri akan dilakukan berdasarkan wilayah regional masing-masing. Adapun konten yang diikutkan dalam lomba fokus pada 10 program pemerintah, yaitu kesehatan, pendidikan, ketahanan energi, kelautan, ketahanan pangan, perumahan permukiman, penanggulangan kemiskinan, pengembangan dunia usaha dan pariwisata, serta infrastruktur dan kemaritiman.

Kemenkominfo sengaja melibatkan mahasiswa dalam membuat karya terbaik agar dunia maya dipenuhi dengan konten positif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Konten positif juga dimaksudkan untuk menangkal hoax. “Ayo membuat konten positif,” kata Kepala Subdirektorat Informasi Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Dimas Aditya Nugraha.

Ia menjelaskan Kidi berusaha melatih mahasiswa demi menyiapkan SDM yang terampil. Setelah workshop, komunikasi akan terus dibangun dan dikuatkan dalam komunitas digital yang secara rutin menghasilkan karya positif, kreatif, dan inovatif.

Karya mereka yang sudah dipublikasikan itu bisa dijual. Selama dua tahun terakhir, lanjutnya, peminat Kidi membeludak. Pada tahun pertama acara berlangsung di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. (BN/H-2)

MEDIAINDONESIA.COM
Share this article :

BUKU JURNALISME KEBERAGAMAN

Jadwal Training/Pelatihan lainnya




 
Created by : MI Komunitas
Copyright © 2012. MI Komunitas
Hak Paten : MI Komunitas