MEDIA INDONESIA PUBLISHING SERVICE

KIDI DORONG KREASI KONTEN POSITIF


Setelah menyambangi delapan kota di Tanah Air, Workshop Konten Informasi Digital (Kidi) 2017 kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan Media Indonesia digelar di Universitas Tarumanagara, Jakarta, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi Kemenkominfo Siti Meiningsih menegaskan pemerintah terus memfasilitasi generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk menjadi pembuat konten positif demi menciptakan dunia maya yang sehat dan bermanfaat. Kemudahan teknologi saat ini mampu mendorong terciptanya konten digital yang baik.

"Workshop Kidi diharapkan bisa memberikan knowledge kepada mahasiswa untuk mengkreasi konten positif. Pemerintah sedang mencetak 3.000 mahasiswa yang mempunyai kompentensi membuat konten positif dalam bentuk infografis," ucap Siti.

Ia juga mengungkapkan Kemenkominfo kini tengah melakukan gerakan anti-hoax. Karena itu, edukasi agar generasi muda mengisi ruang media sosial dengan konten positif sangat penting.

Dalam kesempatan sama, Direktur Pembelajaran Universitas Tarumanagara Eko Harry Susanto berpesan kepada mahasiswa agar selalu menyaring informasi dan membuat konten positif. "Jika menerima pesan-pesan yang tidak bertanggung jawab, hapus saja. Kalau disebarkan, artinya ikut menyebar kebencian," ucapnya.

Lokakarya Kidi seri kesembilan dihadiri ratusan mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Jakarta. Narasumber yang hadir di antaranya Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Horas Tarihoran, Redaktur Artistik Media Indonesia Budi Setyo Widodo, fotografer Media Indonesia Panca Syurkani, dan Manajer Riset dan Pengelolaan Media Sosial Media Indonesia Andreas M Zay. (Dhk/H-2) MI


Share this article :

BUKU JURNALISME KEBERAGAMAN

Jadwal Training/Pelatihan lainnya