Breaking News

PEMENANG LOMBA FOTO GURU BAGIMU NEGERI SEGERA DIUMUMKAN



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan komunitas foto Media Indonesia, Dari Balik Lensa, akan mengumumkan pemenang lomba foto Guru bagimu Negeri pada Minggu (23/12) mendatang. Para juri memilih delapan foto terbaik sebagai pemenang.

Ada dua kategori besar yang diseleksi, yaitu foto yang dikirimkan guru dan umum. Lomba itu dihelat dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2018.

Periode foto mulai Januari 2017 hingga 9 Desember 2018 dan berlokasi di Indonesia. Pengiriman foto dimulai pada 22 November lalu.

“Hampir keseluruhan foto yang dikirim peserta menunjukkan wajah pendidikan yang masih muram. Tetapi kami juga ingin ada sisi optimisme dan semangat yang ditampilkan,” ujar Kepala Divisi Foto & Artistik Media Indonesia Hariyanto saat penjurian lomba foto di Kantor Media Indonesia, Jakarta, kemarin.

Ia melanjutkan, cukup banyak foto yang dikirimkan peserta, tetapi dewan juri mengerucutkan menjadi 20 dan harus sesuai dengan tema.

Selain Hariyanto, juri lain dalam lomba itu ialah Kepala Subbagian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Akhmad Nirwan dan Kepala Sekolah Workshop Galeri Foto Jurnalistik Antara Mosista Pambudi.

Para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi untuk mengikuti lomba itu, terlihat dari banyaknya jumlah foto yang dikirimkan. Panitia menerima 1.637 foto yang dikelompokkan dalam dua kategori, yakni 1.355 dari kategori umum dan 282 dari kategori guru.

Foto itu dikurasi dewan juri kemudian dinilai hingga terpilih delapan foto terbaik. Peserta yang mendaftar mencapai 700 orang.

“Teknik pengambilan fotonya bagus-bagus. Sepertinya para guru sudah paham fotografi,” Nirwan menambahkan. (Ind/H-3)

.

Halaman